Gizi Seimbang Untuk Penuhi Hak Anak

fatmah

Program Edukasi Nutrisi SariHusada-One Earth di Gedung PAUD bulan Maret 2017

Taman Pintar sebagai tujuan rekreasi keluarga yang tidak hanya untuk mempererat kasih sayang dalam keluarga tapi juga menawarkan sisi edukatif bagi para pengunjung terutama anak-anak, terus melakukan pembenahan fasilitas untuk menarik pengunjung. Hal ini pun terlihat pada tampilan baru di salah satu wahana PAUD yaitu di PAUD Barat maupun di PAUD Timur. Tidak hanya fasilitas bermain saja yang disesuaikan dengan era teknologi, muatan edukasi yang disampaikan pun menunjang para orangtua untuk memfasilitasi tumbuh kembang buah hati mereka. SariHusada bekerjasama dengan One Earth Integral Education Foundation (One Earth) dan Yayasan Anand Ashram (berafiliasi dengan PBB) memberikan program edukasi SariHusada-One Earth setiap hari Minggu pada anak-anak dan orang tua yang berkunjung ke Gedung PAUD di Taman Pintar.

 

Program Edukasi pada Minggu 12 Maret 2017 kali ini menjadi lain dari yang lain karena mendapat kunjungan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Anak kota Yogyakarta, Ibu Fatmah R., S.I.P. beliau menggarisbawahi bahwa ada 5 kluster hak anak yang perlu kita pastikan pemenuhannya salah satunya terkait dengan kesehatan dasar dan kesejahteraan anak. Beberapa di antaranya termasuk memastikan pemenuhan ASI eksklusif bagi bayi usia 0-6 bulan serta memberi edukasi yang meningkatkan pengetahuan anak terkait penerapan gaya hidup sehat sehari-hari. Lebih lanjut Ibu Fatmah menyapaikan hak anak adalah bagian dari hak asasi manusia yang wajib dijamin, dilindungi dan dipenuhi oleh orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah dan negara. Tantangan yang kita hadapi sekarang di masyarakat adalah belum optimalnya program/pendidikan untuk menjadi orang tua yang efektif. Edukasi Parenting yang ada di PAUD Barat Taman Pintar ini memberi support untuk mewujudkan pemenuhan hak anak.

 

Ketua One Earth Integral Education Foundation Dr. Suriastini, yang juga hadir menambahkan Edukasi Nutrisi SariHusada-One Earth mendukung program Dinas PMPA terkait pemenuhan hak anak untuk tetap hidup dan berkembang sebagai manusia. Salah satu tips yang disampaikan WHO yaitu kita harus membiasakan anak menerapkan gaya hidup sehat mencakup sarapan sehat, konsumsi buah dan sayur secara rutin dan melakukan aktivitas fisik bersama keluarga di akhir pekan. Oleh karea itu pengetahuan tentang gizi dan gaya hidup sehat sangat dibutuhkan orang tua agar mereka bisa memenuhi hak-hak anak.

 

One Earth selain memberi edukasi tentang nutrisi, juga memberi pemahaman mengenai pentingya menjaga asupan gizi dan nutrisi holistik pada 1000 Hari Pertama Kehidupan. Tidak hanya nutrisi untuk fisik saja yang perlu diperhatikan, namun yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana mengembangkan kasih sayang dan kemampuan memilah antara yang memuliakan dan tidak. Latihan Pemberdayaan Diri yang diberikan akan semakin menguatkan berkembangnya Kesadaran Makan Keluarga untuk mendukung anak menjadi Warga Kelas Dunia.

Share/Bookmark