Edukasi Total Success Bagi Anak dan Remaja di Rumah Pelindungan Anak Yayasan Aulia

Jalan menuju kesuksesan perlu dirintis sejak dini. Semakin awal valuenya diperkenalkan,dipahami dan diaplikasikan dalam keseharian  meningkatkan  qualitas diri dimasa mendatang sehingga siap mengadapi persaingan internasional  dan globalisasi.   Bapak  Anand  Krishna,trendsetter  self empowerment dan meditasi di Indonesia, pengarang  lebih dari 150 buku dalam 15 tahun terakhir ini merumuskan dalam buku total success, keberhasilan merupakan hasil tindak lanjut  dari pikiran + keyakinan lewat tindakan. Untuk menggapai keberhasilan, dalam buku ini Bapak Anand  Krishna membahas 19 value yang bisa menjadi landasan, ting-tiang penyangga dan bangunan kehidupan  menuju keberhasilan sejati.

Untuk mengembangkan kedinamisan remaja

 

Ibu Lestari Ketua Yayasan Ikut Berpartisipasi

Program  Edukasi Total Success Bagi Anak dan Remaja,merupakan program mingguan selama lima bulan  yangdiberikan oleh One Earth Integral Education Foundation. Program ditujukan untuk mengedukasi anak dan remaja secara informal  dan  menyenangkan guna mengenal, memahami dan mengaplikasikan 19 value yang menjadi landasan, ting-tiang penyangga dan bangunan kehidupan  meraih keberhasilan sejati yang dipaparkan dalam buku Total Success ( Anand Krishna,2009).

Latihan Rileksasi Kelompok Remaja

 

Menumbuhkan Kebersamaan Remaja

Dalam  setiap pertemuan  diajarkan satu value.  Materi disampaikan secara integral yang menyentuh seluruh lapisan kesadaran badan,baik fisik,energi,menta/emosional , entelegensia dan jiwa  lewat lagu,story telling, game, craft serta Yoga. Yoga adalah katasilitator dalam  proses  edukasi   terutama dalam pendidikan  yang di tujukan agar terjadi perubahan tingkah laku.  Yoga mampu meningkatkan konsentrasi,  kreativitas, menjaga kesehatan badan , pikiran dan emosi , membantu rileksasi,  menumbuhkan kegembiraan dalam belajar, yang kesemuanya berpengaruh tinggi pada  hasil  belajar (Kathy North,2005; Mark Singleton,1999).  Khususnya dalam edukasi Total Success juga mensuport langsung aplikasi sejumlah  value yang diajarkan diantaranya  personal inisiative dan maintanace sound of health.

Tulisan Value Yang Diajarkan Dipajang Selama Seminggu di Halaman

 

Kelompok anak-anak di pertemuan kedua, Creative

Anak-anak Rumah Pelindungan  Anak , Yayasan Aulia  di Pakem, Yogjakarta,  sejak tanggal 30 Mei 2012 mendapatkan pelayayan program ini. Anak-anak yang tinggal di sini adalah anak dari orang tua “jalanan”  di Jakarta. Di mana sebelum tinggal di rumah  perlindungann ini mereka ikut bersama orang tuannya di jalanan dan hidup di rumah dengan lingkungan yang memprihatinkan  seperti tingal dekat  rel kereta  api menyebabkan sejak dalam kandungan anak selalu dekat dengan kebisingan.  Sehingga perkembangan sejumlah aspek dari lapisan badannya  terganggu.   Dalam pelaksanaan  program Edukasi  Total Success, anak-anak  Yayasan Aulia  dibagi menjadi  dua  kelompok.  Pertama anak yang berusia 4-12 tahun (anak) dan kelompok kedua adalah mereka  yang berusia 13- 18 tahun ( remaja).  Program dilakukan setiap hari Rabu untuk anak dan Kamis untuk remaja, pada pukul  16.00 -17.30 WIB.

Joging untuk Pemanasan

 

Anak-anak juga mengembangkan dinamismenya

Kelompok anak maupun remaja  sangat bersemangat mengikuti semua aktivitas program baik dalam menyanyi, main game, yoga dan pembuatan craft.  Kakak/ ibu asuh mereka juga ikut dalam program.  Valua pertama yang diperkenalkan di  pertemuan Rabu/Kamis  lalu  adalah will power sedangkan pada hari Rabu/Kamis minggu ini creative vision .  Dalam program,  value yang dipelajri dituliskan  pada kertas manila dan diwarnai kemudian selama seminggu  dipajang.  Misalnya dalam pertemuan pertama, tulisan  will power dan artinya dalam bahasa  Indonesia di tulis dan diwarnai dengan warna merah dikenalkan pada anak dan remaja lewat penjelasan dan juga story telling tentang Hill serta game. Setelah pertemuan selama seminggu tulisan  ini pajang di halaman rumah perlindungan anak ini. Pengurus Yayasan Aulia sangat simpatik dengan tulisan dari value yang dipajari,  mereka buatkan  penyangga yang  kokoh,kertasnya diplastik dan dipasang menghadap  keluar,sehingga setiap  saat anak masuk ke halaman  rumah melihatnya.  Secara keseluruhan sebanyak 49 orang anak dan remaja yang  dilayani untuk program ini di  Yayasan Aulia.Semoga program  ini bermanfaat bagi kita semua.

Rileksasi penting buat anak

 

Anak-anak membangun kebersamaan

 

Share/Bookmark