Edukasi Budaya Luhur Nusantara “Gotong Royong dan Kerja Bakti”

Minggu sore, 22 Januari 2012 pukul 15.00 WIB mendung gelap menyelimuti daerah sekitar One Earth School berdiri. Namun hal ini tidak menyurutkan tim edukasi Budaya Luhur Nusantara Gotong Royong dan Kerja Bakti untuk menyiapkan segala sesuatunya untuk melaksanakan kegiatan ini pukul 15.30 WIB.

Hujan deras sempat turun hingga pukul 15.20 WIB. Dan ketika hujan sudah mulai mereda, anak-anak komunitas sekitar One Earth School berdiri mulai berdatangan untuk mengikuti kegiatan ini.

Story Telling-Hanuman yang suka membantu

Kegiatan diawali dengan menyanyi dan menggerakkan tubuh yang berfungsi juga sebagai pemanasan. Anak-anak terlihat begitu memperhatikan kegiatan story telling yang kami lakukan hari itu dengan menggunakan tokoh pewayangan Hanuman dan Sri Rama.

Kerja Bakti dimulai dengan membersihkan teras dan halaman depan rumah salah seorang teman yaitu rumah Bintang.

Setelah story telling selesai, kegiatan beranjak ke rumah salah seorang teman yang bernama Bintang. Disana anak-anak dan tim melakukan Kerja Bakti untuk membersihkan pekarangan dan teras rumah. Kegiatan berlanjut dengan penanaman pohon di rumah Faras yang teletak tidak jauh dari rumah Bintang. Penanaman pohon ini dilakukan guna mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga alam sekitar.

Bergotong Royong menanam Pohon

Pembagian souvenir berupa buku cerita anak2 – budayakan mengantri

Kegiatan diakhiri dengan pemberian bingkisan berupa buku cerita anak-anak dan menyanyikan lagu I Love You. Sampai jumpa dalam kegiatan ini 2 minggu ke depan ya. Daaah.

Reportase : Ardi Prasiswanto
Fotografer : Wayan Suriastini

Share/Bookmark