PEMBUDAYAAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM EDUKASI NUTRISI

PEMBUDAYAAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM EDUKASI NUTRISI

(di presentasi dalam kongres Pancasila V, Yogjakarta, 1 Juni 2013), oleh N.W. Suriastini dan Bondan Sikoki.

Abstrak: Menyampaikan materi Pancasila secara lagsung sering kurang diminati. Sebagai sebuah terobosan nilai luhur Pancasila ini dintegrasikan secara integral dalam edukasi nutrisi bagi anakusia 3-6 tahun dan orang tua mereka. Sebanyak 12 value, nilai diintegrasikan dalam penyampaian materi dalam empat pertemuan diantaranya Kepedulian, Kerjasama, Pengorbanan dan Pelayanan. Sistem pembelajaran ini telah diterapkan setiap hari Minggu sejak 23 Oktober 2011 di Wahana PAUD Timur, Taman Pintar.

Hasil studi dampak program dengan studi longitudinal pada kelompok mendapat edukasi dan tidak mendapatkan edukasi memperlihatkan program tidak hanya memberikan pengaruh pada pengetahuan orang tua tentang nutrisi dan meningkatan keadaan kesehatannya namun juga memperkuat karakter anak. Program selain meningkatkan pengetahuan tentang nutrisi dan kesehatan tapi juga mampu merubah tingkah laku dan kebiasaan anak. Sebanyak 77% orang tua melaporkan adanya perubahan dalam pengetahuan, tingkah laku atau kebiasaan anak setelah mengikuti program edukasi nutrisi ke arah yang lebih baik.

Perubahan-perubahan positif tersebut bukan hanya terkait dengan pola makan dan kesehatan, tetapi juga dalam aspek kepribadiannya diantaranyalebih mudah bersosialisasi, lebih bisaberkonsentrasi, anak menjadi lebih mandiri, anak lebih berani, tidak malu-malu, lebih kreatif, dan lebih percaya diri.

 

Share/Bookmark