Gizi Seimbang untuk Kualitas Kehidupan

 

dr riska 2

Gizi Seimbang untuk Kualitas Kehidupan

Program Edukasi Nutrisi SariHusada-One Earth di Gedung PAUD-Taman Pintar, 12 Februari 2017

 

Taman Pintar menjadi tujuan dari satu juta wisatawan setiap tahun, yang  sebagian besar merupakan anak-anak.  Tempat tujuan wisata favorit ini disamping menyediakan fasilitas bermain edukatif bagi anak juga menyediakan edukasi bagi pengunjung. Sarihusada bekerjasama dengan One Earth Integral Education Foundation (One Earth) dan Yayasan Anand Ashram (berafiliasi dengan PBB) memberikan program edukasi Nutrisi SariHusada-One Earth rutin setiap Hari Minggu pada anak-anak dan orang tua yang berkunjung  ke gedung PAUD di Taman Pintar.

Program Edukasi Nutrisi yang diselenggarakan pada Hari Minggu 12 Februari 2017, menjadi istimewa  karena mendapatkan kunjungan dan pengarahan langsung dari dr. Riska Novriana dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.  dr. Riska menyampaikan apresiasinya pada One Earth yang secara konsisten memberikan program edukasi nutrisi di Taman Pintar.  dr Riska memberikan pengarahan tentang Gizi Seimbang untuk Kualitas Kehidupan. Beliau mengingatkan bahwa piring makanan kita setiap harinya, setengahnya harus berisi buah-buahan dan sayuran; porsi karbohidrat sama dengan porsi sayur; jumlah lauk-pauk yang merupakan sumber protein sama dengan jumlah buah-buahan. dr. Riska juga mengungkapkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) terakhir menunjukkan, penduduk yang mengonsumsi sayuran dan buah setiap hari  hanya 10,7%. Merupakan indikator dengan capaian paling rendah dari di antara 10 indikator hidup bersih dan sehat yang ada di Riskesdas.  Beliau memotivasi peserta untuk makan sayur dan buah setiap hari.

Ketua One Earth Integral Education Foundation, Dr. Suriastini, yang juga hadir mengungkapkan edukasi Nutrisi SariHusada-One Earth, telah mendukung program Dinas Kesehatan dan kementerian kesehatan terkait dengan gizi seimbang. Sejak pertama kali program Edukasi Nutrisi SariHusada-One Earth dilakukan 23 Oktober 2011, dalam menjelaskan tentang nutrisi, One Earth menggunakan pendekatan piring makanku seperti yang dipaparkan oleh dr. Riska.  Lebih jauh  Dr. Suriastini mengungkapkan  program edukasi nutrisi ini berkontribusi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan permasalahan gizi ganda di Indonesia.  Permasalahan ganda gizi ganda mencakup pertumbuhan anak kurang gizi seperti kurus dan atau pendek, juga permasalahan gizi lebih atau obesitas.  Selain memperbaiki kualitas nutrisi dan kesehatan holistik anak juga menginspirasi anak menjadi warga kelas dunia melalui edukasi yang bersifat integral.

bu riska

Fasilitator parenting,  dr. Stephanus Hardyanto menuturkan program Edukasi Nutrisi Sarihusada-One Earth selain memberikan edukasi tentang  nutrisi, disampaikan juga tips-tips bagaimana pengendalian diri, mengembangkan kasih sayang dan kemampuan memilah antara yang memuliakan dan tidak; dikaitkan dengan pemenuhan nutrisi holistik anak serta latihan pemberdayaan diri. Hal ini akan mengembangkan kesadaran makanan keluarga untuk mendukung anak menjadi warga berkelas dunia. Amira salah satu fasilitator anak menambahkan, penyampaian edukasi pada anak-anak memberikan materi yang sama namun dilaksanakan lewat story telling, bernyanyi dan hasta karya yang dikemas dalam bentuk program Pesta Anak.

Share/Bookmark